Budaya Skotlandia Yang Memakai Kilt dan Motif Tartan

Mungkin anda perah mendengar bahwa di Skotlandia memiliki pakaian ciri khas yang memiliki motif kotak-kotak yang sering disebut dengan tartan. Pakaian yang dulunya dipakai oleh kaum pria, saat ini berpindah setir yang bayak memakai Kilt dan motif tartan ini adalah kaum perempuan juga. Mungkin anda pernah melihat secara langsung maupun di internet penduduk Skotlandia banyak memakai pakaian yang bawahannya motif kotak-kotak yang dipakai dari pinggang sampai dengan di bawah lutut dan biasanya ataannya yakni jaket atau jas dengan warna hitam dan disertai dengan kemeja putih di dalamnya yang dilengkapi dengan dasi. Pakaian itulah yang disebut dengan Kilt motif tartan yang pada umumnya dipakai penduduk Skotlandia pada acara-acara besar tertentu. Hal inilah yang menjadikan pakain Kilt dan motif tartan sebagai pakaian khas dari Skotlandia.

Kain Kilt dengan motif tartan ini memiliki dibuat dengan mesin tenun yang sangat kuno dengan bahan dasar yakni adalah wol tebal dimana banyak bettor http://agenbola108.net yang sangat menyukainya. Walaupun dibuat dengan mesin tenun yang sangat kuno ini, namun kualitas dan hasilnya pun sangat bagus dan tidak mengecewakan dan tetap dugunakan dalam acara-acara besar dan acara-acara tertentu. Kita sering mendapati banyak yang memakai pakaina Kilt yang bermotif tartan dengan corak dan motif yag berbeda-beda.

Tahukah anda, jika perbedaan motif dan corak tersebut tentunya memiliki makna dan arti masing-masing. Untuk pemakainnya sendiri pun juga pakaian Kilt dan motif tartan ini tidak serta merta hanya dipakai saja, namun juga diberikan aksesoris yang ana aksesoris ini bisa menunjukkan ciri khas yang berbeda-beda setiap marga dari penduduk Skotlandia sepeti ikat pinggan ataupun kantong yang diletakkan di samping pingang. Jadi setiap marga memiliki corak dan motif yang berbeda-beda.

Jadi motif dan cotak dari setiap Kilt yang dipakai sangatlah beragam dan bervariasi. Pada umunya, terdapat dua jenis pakaian Kilt dengan motif tartan di Skotlandia, yakni Kilt besar atau yang biasa disebut dengan great Kilt, dan Kilt kecil yang biasa disebut dengan small Kilt. Yang pertama kali muncul dan berkembang di Skotlandia adalah Kilt besar atau great Kilt, sedangkan Kilt kecil atau small Kilt merupakan perkembangan dari Kilt besar tersebut. Perbedaannya adalah pada bagian atasnya saja, jika dalam Kilt lecil bagian atasnya dihilangkan, jadi hanya berupa rok yang melilit bagian pinggang sampai ke lutut saja.

Inilah sedikit ulasan mengenai kain Kilt dengan motif dan corak tartan yang menjadi pakaian khas yang membudaya di Skotlandia. Bagaimana? Sangat menginspirasi bukan? Semoga dengan adanya artikel ini dapat mengingatkan kita akan beragamnya kebudayaan yang ada di berbagai daerah di seluruh penjuru dunia. Semoga dapat menambah pengetahuan anda ya teman-teman?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *